Kamis, 29 Juli 2010

Buku-buku Termahal di Dunia


Meskipun sudah ada teknologi baru seperti e-book (electronic book), ternyata buku cetak masih punya nilai khusus bagi para kolektor, terutama buku-buku langka dan ada nilai sejarahnya. Jangan kaget, ya melihat harganya yang selangit!

1. Codex Leicester
 Buku berbahasa Itali yang ditulis tangan oleh Leonardo da Vinci ini mampu terjual dengan harga fantastis! Selain berisi analisa sains Sang Pelukis Monalisa, koleksi catatan 72 halaman ini pun ditulis dengan cara yang unik, yaitu mirror writing. Yup, buku itu ditulis terbalik, dan hanya bisa dibaca dengan cermin.


Karena keunikan dan nama besar penulisnya, pada tahun 1994 Bill Gates nggak keberatan mengeluarkan US $30.8 juta (sekitar Rp 293 milyar) untuk buku yang mulai beredar di kalangan kolektor dari tahun 1717 dan dibeli pertama kali oleh Earl of Leicester. Sejak di tangan Bill Gates, buku Codex dipamerkan ke umum sekali setahun di beberapa kota di seluruh dunia. Sang Bos Microsoft juga membuat scan setiap halaman buku ke dalam bentuk digital. Jadi, aman deh!

2. The Tales of Beedle the Bard

Asyiknya jadi JK Rowling! Serial Harry Potter-nya super laris, ditambah lagi satu buku yang nggak pernah diterbitkan sebelumnya ternyata laku terjual dengan harga sekitar Rp 31 milyar! Apa sih keistimewaan buku bersampul kulit Morocco asli berlambang tengkorak silver, lengkap dengan taburan batu permata ini? Selain ditulis tangan lengkap dengan ilustrasi oleh Sang Penulis, buku 157 halaman ini ternyata berisi berbagai petunjuk untuk membantu Harry Potter dan teman-temannya mengalahkan Lord Voldemort! Penasaran kan?


JK Rowling memang membuat tujuh copy, namun hanya satu yang dilelang di rumah lelang Sotheby, London. Uang hasil lelang tersebut disumbangkan ke yayasan amal Children’s Voice yang dikelolanya. Pembeli yang beruntung mendapat buku yang dinyatakan sebagai ‘cerita yang belum pernah dipublikasikan’ ini adalah wakil dari kantor perdagangan benda seni yang ngetop di London: Hazlitt Gooden and Fox! 

3. Elementa Chemiae
Inilah buku terakhir karya Boerhaave, seorang dokter Belanda yang meninggal tahun 1718. Sebelum meninggal, Sang Dokter mewariskan sebuah buku tebal bersegel dengan judul “The Onliest and the Deepest Secret of the Medical Art”. Buku tersebut dilelang dan terjual seharga US $20.000 (sekitar Rp 2 milyar).

Tapi, begitu segel dibuka Sang Pembeli, ternyata 99 dari 100 halaman buku tersebut KOSONG! Selain sampul depan, isi dari buku tebal tersebut hanya sederet kalimat yang kurang lebih artinya “Jaga diri untuk tetap tenang, jaga kaki agar tetap hangat. Dan kamu akan membuat dokter terbaik sekalipun menjadi miskin’. Ckckckckck .... benar-benar buku ‘termahal’ dengan tulisan hanya sependek itu! 

sumber : gadis.co.id

0 komentar:

Posting Komentar