Jumat, 30 Juli 2010

Tips Menaikkan Berat Badan


Terkadang menjadi “terlalu kurus” bisa sangat menyulitkan seperti halnya masalah menjadi “terlalu gemuk”. Hal ini dikarenakan berat badan dan bentuk tubuh mempengaruhi perubahan dalam gaya hidup, termasuk diet, peregangan, dan perilaku yang mendukung kesehatan tubuh.

Selain itu, faktor keturunan juga mempengaruhi bentuk tubuh dan berat badan. Jika orang tuamu dan kerabat mayoritas bertubuh ramping, maka kamu akan cenderung akan ramping juga. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pandangan kamu tentang kurus, apakah kamu kurus karena memang benar kurang berat badan ataukah hanya sekedar perasaanmu saja dirimu tampak terlalu kurus. Dengan berkonsultasi dengan dokter, kamu akan bisa diberikan target yang perlu dicapai dan beberapa tips dalam menjalankannya.


Jika kamu ingin meningkatkan berat badan, makanlah makanan yang menandung biji-bijian, sayur, buah, produk makanan yang rendah lemak, makanan berprotein (ikan, buncis, dan kacang polong) Kamu juga perlu menambahkan lemak dan gula untuk diet ekstra kalorimu. Saat kamu menambahkan lemak, pilih lemak yang ada di kacang-kacangan dan minyak. Saat menambahkan gula, pilih makanan manis yang mengandung nutrisi seperti muffin, yogurt, pie buah, dan jus.

Memakan tiga kali sehari ditambah snack di antarnya akan menambahkan kalori untuk meningkatkan berat badan. Kamu tidak terlalu membutuhkan minuman berprotein atau shakes yang meningkatkan berat badan. Tapi ini bisa dia dilakukan jika kamu merasa kamu bisa memakan apa saja yang kamu mau. Jika kamu memiliki berat yang ideal dan masih ingin menambah berat badan, lakukan olahraga yang bisa mengembangkan massa otot dan meningkatkan berat badan. Olahraga rutin sangat baik bagi keseluruhan kesehatanmu.


Kembangkan program latihan yang mencakup keselurahan kelompok otot dalam tubuh/ Teknik yang tepat adalah kuncinya. Pilih berat beban dan lakukan repetisi sebanyak 15-20 kali pada masa awal latihan. Setelah semakin sering menjalankan latihan rutin, cobalah lakukan satu set dengan 12 kali repetisi selama tiga kali seminggu.

Ingat, perubahan pada berat badan dan bentuk tubuh memerlukan waktu. Jika kamu ingin diet yang spesifik dan terarah dalam meningkatkan berat badan, berkonsultasilah dengan pakar diet. Selain itu, gunakan trainer pribadi dalam tiap latihanmu untuk mendapatkan pengarahan maksimal.

Sumber : eksplorasi-dunia.blogspot.com

1 komentar:

Abdurr mengatakan...

keren

Posting Komentar