Selasa, 03 Agustus 2010

10 Candi / Kuil Menakjubkan di Dunia


Candi/Kuil adalah merupakan tempat Ibadah, Namun bagaimana jika bentuk candi/kuil ini merupakan hasil arsitektur tinggi yang menjadikan tempat ini menakjubkan.

berikut 10 candi/kuil paling menakjubkan di dunia :

Tiger's Nest Monastery



Tiger's Nest Monastery, bertengger di ujung tebing 3.000 kaki-tinggi di Paro Valley, adalah salah satu tempat paling suci di Bhutan. Legenda mengatakan bahwa Guru Rinpoche [wiki], Buddha kedua, terbang ke tebing di belakang harimau betina, dan kemudian bermeditasi di sebuah gua yang sekarang ada di dalam tembok biara.


Biara itu, secara resmi disebut Taktshang Goemba, dibangun pada 1692 dan direkonstruksi pada tahun 1998 setelah kebakaran. Sekarang, biara dibatasi untuk berlatih Buddhis pada retret agama dan dibatasi bagi wisatawan biasa.

Wat Rong Khun


Wat Rong Khun di Chiang Rai Thailand, tidak seperti kuil Buddha di dunia. semuanya putih, struktur yang sangat menakjubkan dan indah hiasan emas di cermin mosaik yang tampaknya bersinar ajaib, dilakukan dalam gaya khas kontemporer. Ini adalah gagasan seniman terkenal Chalermchai Kositpipat Thailand.





Sebenarnya, kuil ini masih dalam pembangunan. Chalermchai mengharapkan akan memakan waktu 90 tahun lagi untuk menyelesaikannya, sehingga setara dengan kuil Buddha dari gereja Sagrada Familia di Barcelona, Spanyol!

Prambanan


Prambanan adalah candi Hindu di Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini dibangun pada 850 CE, dan terdiri dari 8 kuil utama dan 250 sekitarnya yang lebih kecil.



Hampir semua dinding candi akan, relief ukiran indah yang menceritakan kisah-kisah itu inkarnasi Wisnu, petualangan Hanuman Raja Monyet, di Ramayana [wiki] epik dan legenda lainnya.


Shwedagon Pagoda

Tidak ada yang tahu persis ketika Shwedagon Paya [wiki] (atau Pagoda) di Myanmar dibangun - legenda mengatakan bahwa itu adalah 2.500 tahun meskipun arkeolog memperkirakan bahwa dibangun antara abad ke-6 dan ke-10.


Sekarang, ketika orang mengatakan "kuil emas" itu biasanya berarti bahwa struktur tersebut berwarna emas. Tapi ketika datang ke Pagoda Shwedagon, emas secara harfiah berarti tertutup emas! Pada abad ke-15, ratu pada masa itu menyumbangkan emas seberat/sebesar berat badannya. Tradisi ini berlanjut sampai hari ini, di mana para peziarah sering menyimpan selama bertahun-tahun untuk membeli paket-paket kecil daun emas untuk menempel pada dinding candi.


Seolah-olah semua yang emas tidak cukup, puncak menara kubah stupa atau ditutupi dengan lebih dari 5.000 berlian dan 2.000 rubi (bahkan ada berlian 76 karat yang berada di ujung ). dan yang lebih menakjubkan adalah ada bagian candi paling suci dalam Buddhisme dimana terdapat delapan helai rambut Buddha.


Temple of Heaven


Temple of Heaven [wiki] adalah candi Tao di Beijing, ibukota Cina. Candi ini dibangun pada abad ke-14 oleh Kaisar Yongle dari Dinasti Ming (yang juga membangun Kota Terlarang) sebagai candi pribadinya, di mana ia akan berdoa untuk panen yang baik dan untuk menebus dosa umat-Nya.


Arsitektur Candi cukup menarik: semua yang ada di candi, yang merupakan surga, yang melingkar sedangkan pada tingkat dasar, yang mewakili Bumi adalah yang berbentuk persegi.


Chion-In Temple

Chion-In Temple [wiki] dibangun pada 1234 Masehi untuk menghormati pendiri Jodo (Pure Land) Buddhism, seorang imam bernama Honen, yang berpuasa sampai mati di tempat yang sangat. Pada satu titik waktu, kompleks memiliki 21 bangunan namun karena gempa bumi dan api, bangunan tertua berasal dari abad ke-17.


Pengunjung harus melewati gerbang terbesar di Jepang: Gerbang San-Sen dua lantai. Lonceng kuil juga merupakan setter catatan: beratnya 74 ton dan kebutuhan 17 biarawan untuk cincin itu selama perayaan Tahun Baru.


Fitur lain yang menarik dari Chion-In Temple adalah lantai Majelis Aula yang bernyanyi. Disebut-Bari atau lantai bulbul uguisu, papan-papan kayu itu dirancang untuk berderit di setiap langkah kaki untuk memperingatkan para biksu dari penyusup!

Borobudur



Pada abad ke-19, penjajah Belanda di Indonesia menemukan reruntuhan kuno besar jauh di dalam hutan Jawa. Apa yang mereka temukan adalah kompleks Borobudur, struktur raksasa dibangun dengan hampir 2 juta kaki kubik (55.000 m³) dari batu. Candi ini memiliki hampir 2.700 panel relief dan 504 patung Buddha.



Sampai saat ini, tidak ada yang tahu pasti kapan dan mengapa itu dibangun, atau alasan lengkap ratusan tahun yang lalu meninggalkan. Beberapa ahli percaya bahwa Borobudur adalah benar-benar sebuah buku raksasa Buddhisme, sebagai bas relief yang menceritakan kisah kehidupan Buddha dan prinsip-prinsip ajaran-ajarannya.

Golden Temple


The Harmandir Sahib (Artinya tempat tinggal tuhan) atau sekadar Golden Temple [wiki] di Punjab, India merupakan kuil yang paling suci dari Sikhisme. Untuk Sikh, Kuil Emas melambangkan kebebasan dan kemerdekaan spiritual yang tak terbatas.


Situs Kuil dimulai dengan danau kecil yang begitu damai yang bahkan Buddha datang ke sana untuk bermeditasi. Ribuan tahun kemudian, Guru Nanak, pendiri Sikhisme juga tinggal dan danau dijadikan sebagai tempat bermeditasi.


Pembangunan Kuil Emas dimulai pada tahun 1500-an, ketika Guru Sikhisme keempat diperbesar danau yang menjadi Amritsar atau kolam dari Nectar of Immortality, di mana candi dan kota itu tumbuh. Kuil itu sendiri yang dihiasi dengan patung marmer, emas, dan tertutup batu mulia.

Candi Wisnu Srirangam

Kuil Srirangam ( Sri Ranganathaswamy Temple [wiki]), di kota India Tiruchirapalli (atau Tiruchirapalli), merupakan candi Hindu terbesar yang masih berfungsi di dunia (Ankor Wat merupakan candi terbesar, tapi saat ini tidak berfungsi sebagai sebuah kuil - lihat di bawah).


Candi ini didedikasikan untuk Wisnu, salah satu dari tiga dewa dalam Hinduisme. Legenda mengatakan bahwa lama, bijak beristirahat dan meletakkan patung Wisnu berbaring di atas ular besar. Ketika ia siap untuk melanjutkan perjalanannya, ia menemukan bahwa patung itu tidak dapat dipindahkan, sehingga candi kecil dibangun di atasnya. Selama berabad-abad, kuil itu "tumbuh" seperti yang lebih besar dibangun di atas bangunan yang ada.


Kompleks candi sangat besar: itu meliputi luas lebih dari 150 hektar (63 hektar) dengan tujuh dinding konsentris, yang terluar menjadi sekitar 2,5 mil (4 km) Dinding kandang demarkasi dalam lampiran, masing-masing lebih suci dari yang lain, dengan batin-kandang yang paling dilarang untuk non-Hindu.


Kuil Srirangam terkenal gopurams atau pintu masuk di bawah piramida berwarna-warni. Kuil ini memiliki 21 gopurams total, dengan yang terbesar satu memiliki 15 cerita dan hampir 200 kaki (60 m).

Angkor Wat, Angkor Thom, dan Bayon


Terakhir tapi pasti tak kalah pentingnya adalah kuil terbesar dalam sejarah dan inspirasi untuk novel yang tak terhitung jumlahnya dan film aksi Hollywood: Ankor Wat.


Angkor Wat [wiki] dibangun pada awal abad ke-12 di tempat yang sekarang Kamboja. Dunia candi yang terkenal pertama kali seorang Hindu satu, didedikasikan untuk Wisnu. Pada abad ke-14 atau 15, seperti menyapu Buddhisme di Asia, itu menjadi sebuah kuil Buddha.

Dunia Barat melihat sekilas Angkor Wat ketika seorang biarawan 16 Portugis abad mengunjungi kuil dan fasih menggambarkannya sebagai "konstruksi luar biasa sehingga tidak mungkin untuk menggambarkan dengan pena, terutama karena tidak seperti bangunan lain di dunia. ini memiliki menara dan dekorasi dan semua perbaikan yang jenius manusia dapat memahami. "Kata-katanya masih terngiang benar sampai hari ini.


Wisatawan mengunjungi Angkor Wat biasanya juga mengunjungi reruntuhan dekat Angkor Thom dan Bayon [wiki], dua candi yang fantastis yang melayani sebagai ibukota kerajaan Khmer kuno.

sumber : vivanews.com 

0 komentar:

Posting Komentar