Sabtu, 25 September 2010

Biak Numfor, Another Paradise from Indonesia




Biak adalah pulau kecil yang terletak di Teluk Cendrawasih dekat sebelah utara pesisir Provinsi Papua, Indonesia. Posisi Biak berada di sebelah barat laut Papua Nugini. Biak adalah pulau terbesar diantara rantai kepulauan kecil, serta mempunyai banyak atol dan terumbu karang. Kabupaten Biak Numfor terdiri dari 2 (dua) pulau kecil yaitu Pulau Biak dan Pulau Numfor, serta lebih dari 42 pulau sangat kecil, termasuk Kepulauan Padaido yang menjadi primadona pengembangan kegiatan dari berbagai pihak. Luas keseluruhan Kabupaten Biak Numfor adalah 5,11 % dari luas wilayah provinsi Papua.

Kabupaten Biak Numfor terletak di Teluk Cenderawasih pada titik 0°21'-1°31' LS, 134°47'-136°48' BT dengan ketinggian 0 - 1.000 meter di atas permukaan laut.

Kabupaten ini merupakan gugusan pulau yang berada di sebelah utara daratan Papua dan berseberangan langsung dengan Samudera Pasifik. Posisi ini menjadikan Kabupaten Biak Numfor sebagai salah satu tempat yang strategis dan penting untuk berhubungan dengan dunia luar terutama negara-negara di kawasan Pasifik, Australia, atau Filipina. Letak geografis ini memberikan kenyataan bahwa posisinya sangat strategis untuk membangun kawasan industri, termasuk industri pariwisata. (wikipedia)

Saya mencoba membagi lokasi wisata yang wajib dikunjungi berdasarkan tempat lokasi wisatanya,.,.

1. Kota Biak

Kota Biak adalah Ibukota Kabupaten Biak Numfor, salah Satu Kota Tertua yang ada di Papua selain Sorong, Manokwari dan Jayapura.

tempat yang wajib di kunjungi :

Pantai Water Basis


Water Basis terletak dalam kawasan TNI AL. dengan izin di pos penjagaan terlebih dahulu ita bisa memasuki water basis ini.

Kolam Biru
Masyarakat sekitar Desa Paray menyebutnya Kolam Biru, yang sebenarnya adalah kolam pemandian alam didalam gua (karst). Air yang tertampung oleh gua tersebut menyisakan ruangan seperti kolam pemandian. Masyarakat sekitar memanfaatkan tempat tersebut untuk mandi dan tempat bermain untuk anak-anak.

Kolam Biru masih termasuk dalam wilayah Kecamatan Biak Kota, posisinya tidak teralu jauh dari Pantai Paray dan Monumen Perang Dunia II. Meski posisinya berada di sisi jalan utama, agak kesulitan menemukannya jika tidak bertanya pada masyarakat sekitar, karena tidak adanya papan informasi petunjuk lokasi dan arealnya tersembunyi di bawah lembah.

Taman Burung dan Taman Anggrek

Pantai Parai

Pantai Paray tidak jauh bila ditempuh dari pusat kota Biak, Papua. Kira-kira hanya membutuhkan waktu 15 menit berkendaraan ke Paray.

Museum Cendrawasih
Museum ini terletak di jalan Sisingamangaraja, Kota Biak, dengan arsitektur bangunannya berciri khas rumah adat Biak (Rum Sram).

Goa Jepang

Goa yang letaknya di sekitar Kampung Ambroben Distrik Biak Timur kini lebih popular dengan nama goa Jepang karena sejak Perang Dunia Kedua tentara Jepang memakainya sebagai tempat persembunyian dan benteng pertahanan. Dalam peperangan di Biak tentara sekutu sulit menaklukan pertahanan mereka di Biak.

2. Biak Timur
Biak Timur dapat ditempuh dengan jalan darat menggunakan mobil atau motor selama 20 – 30 menit. Obyek Wisata dan Tempat yang menarik yang berada di Biak Timur :

Pantai Bosnik

Salah satu pantai favorit adalah Pantai Bosnik yang memiliki pantai alami, pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Tidak kalah dibandingkan dengan Pantai Kuta atau Anyer. Kelebihan disini, kita tidak akan diganggu oleh orang yang berjualan. Saat kita lapar, kita bisa beli ikan laut segar atau lobster langsung dari nelayan atau pada saat kita kehausan, kita bisa minum kelapa muda langsung diambil dari pohon dengan bantuan penduduk setempat. Semuanya serba alami dan tidak dibuat-buat. Begitu pula dengan penduduk setempat yang ramah dan jauh dari kesan materialistis.

Pantai Barito

Pantai Barito merupakan pantai yang mempunyai view yang sangat indah. pantai ini juga menjadi pantai favorit karena letaknya yang tidak jauh dari kota.

Tanjung Barari

Tempat wisata pantai yang terletak paling ujung di wilayah Kecamatan Biak Timur ini tak kalah menariknya dengan pantai-pantai sebelumnya. Menuju lokasi Tanjung Barari akan disuguhkan nuansa Hutan Hujan Tropis, selepas dari desa terakhir Desa Kakur, disepanjang kiri kanan jalan yang dilalui diapit oleh rimbunnya hutan dan sesekali terdengar suara burung berbagai jenis. Dibeberapa tempat menjelang Pantai Tanjung Barari kondisi jalan sudah bukan lagi jalan aspal, tidak terlalu rusak, namun jika musim hujan agak licin untuk dilalui.

Kepulauan Padaido

Padaido adalah sebuah kepulauan yang terdiri dari 30 pulau kecil dan terletak di sepanjang sisi tenggara Pulau Biak. Pulau ini memiliki keindahan taman laut yang paling indah di dunia, sehingga mengundang para divers (penyelam) dari dalam dan luar negeri.

3. Biak Utara
Biak Utara yang berjarak kurang lebih 60 km dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua, jarak tempuh sekitar 1 jam. Dan ada beberapa objek wisata yang menarik disana seperti:

Pantai Wari

Pantai Wari yang terletak di Desa Yobdi Biak Utara merupakan salah satu tempat rekreasi pantai karena memiliki pasir putih yang cukup panjang dan terletak di pinggir jalan raya. Banyak orang yang pernah mengunjungi Pantai Wari mengatakan bahwa pantai ini tidak kalah menarik dengan pantai Kuta di Bali. Berjarak sekitar 35 km dari pusat Kota Biak, Pantai Wari dapat ditempuh dengan berbagai jenis kendaraan bermotor.

Air Terjun

Air Terjun Ini belum mempunyai nama karena baru ditemukan

4. Biak Barat
Biak Barat mempunyai beberapa tempat yang menarik , untuk sampai kesana dapat menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Ada beberapa tempat yang menarik disana seperti:

Air Terjun Warsa

5. Pulau Numfor
Pulau Numfor ialah bagian dari kabupaten Biak Numfor. Rencananya, tahun 2009-an gitu, Numfor akan menjadi kabupaten yang berdiri sendiri terpisah dari Biak. Pulau ini terletak di sebelah Barat Laut pulau Biak.

Pulau Numfor dapat dijangkau dengan pesawat maupun dengan kapal. Dengan pesawat Twin Otter dari Biak, memerlukan waktu tempuh 25 menit saja. Pesawat akan mendarat di bandara Yemburwo. Bandara ini kecil sekali, dan cuma ramai saat ada pesawat. Pesawat cuma ada hari Senin dan Rabu, kadang-kadang pada momen khusus [seperti Natal, et], akan ada penerbangan ekstra. Tapi karena seat terbatas [Cuma 17 seat], so ya harus booking dulu semingu sebelumnya.

sumber : link

5 komentar:

eiiantd mengatakan...

biak merupakan salah satu kota yang memaliki keindahan yg sangat mempesona,
dan katorang anak papuaa mempunyai kewajiban untuk menjaga dan melestarikan sumber kekayaan alam kita

eiiantd mengatakan...

mari katorang melestarikan dan menjaga kota kita

Anonim mengatakan...

memang biak paling keras

Alfa Fernando mengatakan...

Yg air terjun baru ditemukan itu dmna gan ?

Alfa Fernando mengatakan...

Air terjun baru itu dmn gan ?

Poskan Komentar