Rabu, 07 Juli 2010

4 Makanan Pengantar Tidur


SERING KALI rasa kantuk tak juga datang menghampiri. Padahal, tubuh sudah dilanda kelelahan tingkat tinggi, baik secara fisik maupun mental.

Jika Anda tak suka mengonsumsi obat tidur, tak usah khawatir. Sebab, ada cara alami untuk membantu Anda mengatasi masalah susah tidur. Caranya, Anda dapat mengonsumsi beberapa asupan makanan berikut ini, seperti dikutip okezone dari Sheknows:


Kentang
Kentang terbukti sebagai makanan dengan nilai GI rendah (Low Glycemic Index). GI adalah indikator kecepatan proses perubahan dari karbohidrat diubah menjadi gula di dalam tubuh.
Kentang tak membuat gula darah Anda naik bila dikonsumsi secara bijak. Malahan dengan menyantap kentang, Anda bisa cepat terlelap tanpa harus mengonsumi makanan dengan GI tinggi.


Pisang
Pisang kaya akan potasium. Potasium merupakan mineral penting yang dapat menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan mengendalikan kadar cairan tubuh. Saat tubuh sedang mengalami stres, tingkat metabolisme menjadi naik, sehingga terjadi pengurangan kadar potasium. Ini dapat dikendalikan dengan melahap pisang.

Tak hanya itu saja, buah yang satu ini dapat mendatangkan rasa kantuk secara alami. Pasalnya, pisang mengandung hormon melatonin dan tryptophan, yang membuat Anda tidur nyenyak.
Hormon melatonin adalah zat yang dihasilkan oleh kelenjar pineal didalam otak dan pembentukannya akan dipicu oleh gelap. Kadarnya paling tinggi ditemukan menjelang pagi hari sekitar pukul 02.00-04.00 WIB dan paling rendah di sore hari. Hormon ini mengatur mengatur bioritme atau irama tubuh dalam hal pengaturan tidur.


Susu
Semasa kecil para ibu membuatkan segelas susu sebagai pengantar tidur si anak. Susu tak hanya kaya akan tryptophan. Kandungan di dalam susu dapat membantu memberikan rasa tenang dan membuat tubuh terasa lebih relaks.
Meneguk segelas susu hangat di malam hari bisa membuat Anda cepat tertidur. Tak percaya? Coba saja!


Oatmeal


Oatmeal tak hanya menghangatkan perut dan kaya serat, namun bisa membuat Anda kenyang dan mengantuk seketika. Semangkuk hangat oatmeal dapat menjadi sumber melatonin. Sehingga rasa kantuk pun akan segera menyerang Anda.
Bila ingin lebih cepat mengantuk, sebelum tidur Anda bisa menyantap oatmeal dicampur dengan susu hangat sebagai pelengkap. [okezone.com]

0 komentar:

Posting Komentar