Rabu, 21 Juli 2010

Duri Landak Dapat Sembuhkan Penyakit


BAGI sebagian orang, landak mungkin merupakan hewan yang asing. Bahkan, sebagian orang mungkin takut melihat hewan yang satu ini. Hewan berbulu duri ini memang cukup unik keberadaannya. Ia bisa mengembangkan kulitnya yang penuh duri itu jika sedang terancam jiwanya.


Padahal di balik bentuknya yang mirip tusuk itu gigi mempunyai khasiat yang cespleng untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Panjang duri landak bervariasi, mulai dari lima hingga 12 centimeter. Meski menyeramkan, duri landak ternyata mempunyai kasiat untuk pengobatan.

Toko Udin Borneo di Kompleks Cahaya Bumi Selamat Martapura adalah salah satu toko yang menjual bulu landak tersebut. H Nurdin, pemilik toko ini menuturkan, bulu landak bisa mengobati masuk angin atau menyamak.

Caranya cukup mudah, bulu landak itu cukup dibakar hingga menjadi abu. Tak perlu banyak, cukup satu atau secukupnya. Setelah menjadi abu, lalu dioleskan pada perut atau bagian yang sakit. "Sudah sejak lama orangtua kita zaman dulu sudah membuktikan khasiat bulu landak itu untuk pengobatan," kata Nurdin.

Menurutnya, landak termasuk hewan langka yang dilindungi. Namun, bulu yang diperjualkan bukan dari hasil berburu landak secara ilegal. Bulu itu diperoleh dari landak yang sudah mati yang ditemukan di kawasan hutan Meratus.

Bulu landak itu memang sengaja dicari warga untuk dijual. Gunanya untuk pengobatan. Walaupun banyak masyarakat yang belum mengetahui kasiat bulu landak itu, Nurdin tetap mengkoleksi bulu itu hingga ratusan.

Khasiat lain dari Landak


LANDAK adalah binatang yang memiliki duri-duri tajam di sekujur tubuhnya sekaligus sebagai senjata pelindung. Di beberapa wilayah, binatang untuk bezoar stone itu memang sudah cukup langka. Namun di kaki Gunung Merbabu, binatang untuk pengobatan batu landak tersebut masih cukup mudah didapati. Pernahkah anda berfikir bila daging Landak atau bezoar treatment ternyata memiliki rasa nikmat dan berkhasiat bila dikonsumsi?

Adalah rumah makan Fani yang terletak di sisi kiri jalan raya menuju Kopeng. Disana anda bisa menikmati daging landak atau stone treatment dengan dimasak sate maupun rica-rica. Pemilik warungnya, Herman Widagdo (37) yang mengaku sudah setahun terakhir menggeluti usaha tersebut. "Awalnya saya suka berburu dan sering mendapat Landak di kaki Gunung Merbabu maupun Telomoyo. Saking seringnya dapat binatang buruan, terus saya mencoba membuka warung ini," tuturnya.

Diakuinya, banyak pelanggan stone treatment yang datang dari berbagai kota di Jateng untuk menikmati masakan dari daging bezoar yang juga untuk healing stone itu. Mereka meyakini Landak untuk bezoar stone bisa meningkatkan stamina pria, khususnya di bagian ekor. Duri bezoar yang tajam untuk healing stone pun ternyata memiliki manfaat yakni sebagai penyembuh sakit gigi. Caranya, satu duri dibakar hingga hangus dan menjadi debu lantas diletakkan di dalam kapas. Selanjutnya kapas itu ditempatkan di gigi yang berlubang dan terasa sakit. Satu lagi yang sering dicari para pembeli adalah empedu yang diyakini untuk mengobati asma.

Soal stok, Herman mengaku tidak kesulitan mendapatkannya karena dia sering berburu sendiri di kedua kaki gunung itu. Selain itu warga disana juga sering menyetorkan batu landak ke tempat usaha yang dikelolanya. Landak untuk bezoar treatment, dia membeli dari warga berkisar Rp 30.000-150.000/ekornya tergantung besar kecilnya.

sumber : banjarmasinpost.co.id

7 komentar:

Selimut mengatakan...

landak itu hewan yg dilindungi bukan sih? Kok dibikin sate?

Unknown mengatakan...

Jual beli geliga landak hub No ane gan 081271866909

Unknown mengatakan...

Bulu Landak dg doanya bisa menyembuhkan orang sakit medis dan Non medis, bahkan yg tingkat kesadarannya menurun di Ruang ICU rumah sakit pernah saya sembuhkan, yg tdK sadar menjadi sadar dengan seijin Allah tentunya, apa bila anda butuh pengobatan Alternatif Bulu Landak di Surabaya Jawa Timur Hub. 085331137899

exade mengatakan...

Assalamu'alaikum,tertarik ki,gimana caranya tu bulu landak bisa bikin obat?terimakasih

exade mengatakan...

Assalamu'alaikum,tertarik ki,gimana caranya tu bulu landak bisa bikin obat?terimakasih

exade mengatakan...

Assalamu'alaikum,tertarik ki,gimana caranya tu bulu landak bisa bikin obat?terimakasih

Unknown mengatakan...

Sayaa ada jual bulu landak. Berminat boleh contact sya di no 01119860495

Posting Komentar