Senin, 09 Agustus 2010

Makan Sedikit, Kok Masih Gemuk?


Mengapa kita makan sedikit tapi tetap gemuk juga ? Tentu saja karena kebutuhan tubuh yang berbeda sehingga berbeda juga cara tubuh dalam memenuhi kebutuhan. Kebutuhan tubuh pada dasarnya dipengaruhi tinggi dan berat badan, usia, jenis kelamin, tahapan hidup, aktivitas, stress dan penyakit.

Diet Sehat
Diet sering diartikan puasa atau makan sedikit padahal sesungguhnya itu bukanlah maksud dari diet. Arti diet adalah kombinasi makanan dan minuman di dalam hidangan yang dikonsumsi sehari-hari. Anjuran yang sesuai dengn kebutuhan tubuh adalah diet seimbang berdasarkan PIRAMIDA makanan. PIRAMIDA makanan adalah letak makanan / zat gizi pada piramida menunjukkan jumlah/porsi yang dianjurkan.


penjelasan :
- Urutan pertama makanan adalah lemak dan minyak. Porsi makanan ini harus lebih sedikit dibandingkan porsi makanan yang lainya.
- Urutan kedua dari piramida makanan yaitu protein hewani, nabati, susu dan produknya. Makanan ini porsinya lebih banyak dibanding makanan pada urutan pertama.
- Urutan ketiga dari piramida makanan yaitu sayur mayur dan buah, urutan makanan ini dikonsumsi lebih banyak dari urutan makan kedua karena tubuh kita membutuhkan vitamin.
- Urutan keempat dari piramida makanan yaitu karbohidrat, makanan ini dibutuhkan paling banyak diantara makanan-makanan lainnya karena makanan ini sangat diperlukan oleh tubuh sebagai energi.

Berapa banyak yang kita makan ?

Jenis aktivitas di bagi menjadi 5 yaitu :
1. ringan sekali : istirahat, tidur, berbaring.
2. ringan : aktivitas duduk dan berdiri, melukis, menyetir mobil, bekerja di laboratorium, mengetik, menjahit, menyetrika baju,memasak, bermain kartu, bermain musik, berdagang.
3. sedang : Berjalan pada jalan rata, bekerja dibengkel, dll
4. berat : berjalan cepat dan bekerja di kebun.
5. sangat berat : berjalan menanjak dan menebang pohon dll.

Jadwal Makan
- 3 Kali makan besar (sarapan, makan siang, dan makan malam) yang mengandung : makanan pokok, lauk, sayur, dan buah.
- 2 sampai 3 kali makanan selingan (makanan ringan)

Cara makan yang sehat adalah makan yang memperhatikan porsi, waktu, dan jumlah. Dari segi porsi,  makan yang baik adalah makan yang tidak berlebihan artinya sesuai dengan kebutuhan tubuh dan aktivitas yang dilakukan. Sebagai contoh, porsi makan atlet tentu akan sangat berbeda dengan yang bukan atlet. Akan lebih baik lagi jika berhenti makan sebelum perut merasa kenyang.

Hal ini berguna agar di dalam perut terdapat rongga kosong, jika semua terisi akan menjadi kaku. Idealnya ketika makan, di dalam perut sepertiga diisi makanan, sepertiga diisi air dan sepertiga sisanya dibiarkan kosong. Makan yang berlebihan akan menimbulkan problem kesehatan bagi tubuh, bahkan berkaitan erat dengan berbagai penyakit yang tergolong dalam penyakit metabolik (metabolik disorders).

Sementara waktu yang terbaik untuk makan adalah saat lapar, karena lapar adalah sebagai tanda bahwa seluruh organ di dalam tubuh telah siap untuk bekerja mencerna makanan. Makan yang sedikit namun sering justru akan membuat organ-organ tidak pernah istirahat karena dipaksa terus bekerja. Jangan pula makan pada saat akan tidur. Karena pada saat itu seluruh organ beristirahat, jika hal ini dilakukan akan mengakibatkan gangguan sleeping apnea.

sumber : infokesehatan.org dan harianjoglosemar.com

1 komentar:

maniax mengatakan...

aku makan banyak, tapi kok tetep kurus?

Posting Komentar