Sabtu, 18 Desember 2010

Eksotisme Bawah Laut Kepulauan Banda



Kepulauan Banda terdiri dari sepuluh pulau vulkanis yang tersebar di Laut Banda, ±140 km sebelah selatan Pulau Seram dan 2.000 km sebelah timur Pulau Jawa. Kepulauan seluas 180 km² ini termasuk dalam wilayah Provinsi Maluku. Kota terbesarnya, Bandanaira, terletak di pulau dengan nama yang sama. Sekitar 15.000 jiwa tinggal di kepulauan ini. Hingga pertengahan abad ke-19, Kepulauan Banda merupakan satu-satunya sumber rempah-rempah pala. Kepulauan ini populer bagi penggemar selam scuba dan snorkeling.

Tiga pulau terbesar di kawasan ini adalah Pulau Neira, Pulau Banda Besar dan Pulau Gunung Api.

Pulau Neira

Bandaneira adalah satu-satunya kota di kepuluan ini yang terletak di Pulau Neira di mana terdapat juga pelabuhan udara. Tujuh pulau lainnya merupakan pulau yang lebih kecil yang sulit dicapai transportasi. Kawasan ini telah menjadi salah satu tujuan wisata yang disukai turis manca negara karena keindahan alamnya. Pulau-pulau di kawasan ini umumnya dikelilingi pantai dengan pemandangan alamnya yang indah.


Kawasan perairan di kepulauan ini memiliki kehidupan bawah air yang sangat mengagumkan; surga bagi penyelam bawah air. Wisatawan juga dapat melakukan snorkeling di kawasan terumbu karang yang sangat indah. Jika itu belum cukup, tersedia Gunung Api untuk didaki.

Pulau Banda Besar

pagar terluar dari Pulau lontar, yang mewakili bagian pinggiran sebuah sunken caldera, menawarkan beberapa tempat menyelam yang baik.

Pulau Gunung Api

Pada Bulan May, 1988, ledakan dari gunung ini telah membunuh hampir semua formasi karang lepas pantai yang terdapat di sekitar Gunung Api, tetapi yang menakjubkan menyebarkan beragam bunga karang. Beberapa karang mulai tumbuh kembali, namun bentang alam laut yang besar masih menyisakan kepucatan karena tidak adanya tembok di Gunung Api. Kemiringan dasar laut mencapai 30-35 meter.

Pulau pulau lainnya

Sonegat : Tempat menyelam terdekat untuk seorang penyelam yang baik hanya lima menit dari hotel bila menggunakan perahu. Terletak di Sonegat-sea arm " antara banda Neira dan Gunung Api, hanya lepas pantai dari sebuah rumah tepi pantai yang kecil milik Des Alwi, anak paling terkenal pemilik Banda. Kedalaman airnya curam dan temboknya meluas 25 meter ke ujung pantai. Terdapat sedikit ikan di daerah ini, namun sebuah ukuran yang bagus dari dogtooth tuna terdapat di daerah ini dan beberapa ikan blue girdled dan emperor angelfish yang cantik juga terdapat disini.

Keraka Island : Pulau Keraka atau Pulau Kepiting hanya beberapa menit saja, dan melindungi jalan lintasan pintu utara Pulau Neira-Gunung Api. Sebuah hamparan pasir di pesisir utara sangat cocok untuk piknik. Di sebelah selatan pantai, terdapat beberapa mini-wall setinggi 18 meter yang ditutupi dengan ratusan large blue and yellow tunicates. Beralih ke arah timur pantai, Anda dapat melihat di kedalaman 10 meter, bermacam-macam ikan batu karang dan sekelompok barracuda sepanjang setengah meter.

Sjahrir Island dan Batu Kapal : Pulau Sjahrir atau yang dulu dikenal sebagai Pulau Pisang dan Batu Kapal hanya 20 menit dari hotel di Banda-Neira dengan menggunakan perahu. Dua tempat ini terkombinasi dengan baik untuk kegiatan menyelam pagi hari, seuah piknik di pantai, dan kegiatan menyelam sore hari.

Lontar Island : pagar terluar dari Pulau lontar, yang mewakili bagian pinggiran sebuah sunken caldera, menawarkan beberapa tempat menyelam yang baik.

Batu Belanda : Di tempat ini, Anda akan menemukan beragam barrel dan tube sponge, dan gua-gua kecil dan celah. Ikan yang berada di daerha ini sangat bervariasi dan beragam: sekelompok snappers, large emperor, dan blue-girdled angelfish, wrasses, large pinnate bat-fish dan beragam bannerfish.

Ai Island : Bersama dengan Pulau Hatta, pulau ini menawarkan tempat menyelam terbaik di Pulau Banda. Baik di pantai utara dan selatan dan barat dari Pulau Ai, dikelilingi dengan tembok karang yang sempurna, yang tidak datar dan penuh dengan gua-gua, habitat dari harbors fish.

Hatta Island : Pulau Hatta hanya 25 Km dari Pulau Banda-Neira. Skaru atoll dan sebuah karang di bawah permukaan air laut dapat ditemukan beberapa ratus meter dari sebelah selatan Pulau Hatta. Pada sebuah karang yang muncul pada permukaan bumi, Anda dapat melihat parade dari unicornfish, Fusiliersm Jack Fish, dan Rainbow Runners, sering terlihat juga Whitetip Sharks (sepanjang 2 meter) dan Dogtoothed Tuna, napoleon Wrasse, dan Hawksbill Turtles.

Cara mencapai kepulauan Banda

cara termudah untuk mencapai banda adalah pertama, kita terbang ke ambon dulu. Ambon adalah ibu kota pulau ambon, terletak 132 km sebelah utara dari pulau banda. Untuk mencapai ke ambon anda bisa terbang langsung dari denpasar-bali, atau transit di ujung pandang. Garuda indonesia terbang dari jakarta (cgk) transit di bandara hasanuddin-makassar, atau denpasar-bali (dps) transit di ujung pandang (upg) ke ambon's pattimura airport (amq). Penerbangan lainnya adalah dari langur-maluku tengah (luv), juanda-surabaya (sub), dan jeffman-sorong, papua (soq).

Lion air, batavia air, dan mandala airlines melayani ambon-jakarta, dengan transit di makassar atau surabaya.

Dari ambon, anda bisa mencapai ke kepulauan banda baik oleh pesawat kecil carteran atau menggunakan merpati airlines terbang ke bandaneira. Tidak ada penerbangan pulang pergi yang tersedia. Penerbangan kembali harus dipesan bandaneira. Penerbangan beroperasi sekali seminggu atau setiap dua minggu.

Karena aksesibilitas yang terbatas, berarti yang akan agan agan semua lakukan sampai di sana, agan agan gabakalan deh lihat wisatawan lain di seluruh pulau. Oleh karena itu, pulau banda merupakan sebuah tempat persembunyian yang ideal.

Atau, anda dapat menyeberangi laut banda oleh feri. Pelni menyediakan feri dua kali seminggu oleh kapal km ciremai dari ambon ke bandaneira. Pastikan anda mengecek jadwal dan perubahan yang tak terduga.

Tempat menginap

terdapat akomodasi yang sedikit dan sangat murah untuk menetap di sekitar pulau banda, yang dapat anda pilih dengan beragam harga dan fasilitas.

Berkeliling

Banyak hari yang dapat dihabiskan untuk mengelilingi pulau subur ini. Rempah-rempah masih tetap tumbuh disini dan penduduk lokal masih membuat makanan tradisional dan makanan ringan menggunakan rempah-rempah yang sangat langka dan dicari. Jalan-jalan untuk melihat benteng peninggalan belanda, mengunjungi perkebunan pala. Dan trek menuju gunung api akan meninggalkan kesan yang tidak akan terlupakan dengan pemandangan yang menakjubkan di sekeliling pulau banda-neira.

Tempat bersantap

hanya terdapat sedikit restoran dengan beragam makanan indonesia

Buah tangan

cobalah untuk membeli beberapa cinderamata lokal atau makanan tradisional dan makanan ringan.

yang dapat anda lihat atau lakukan

untuk yang bukan peselam, jangan khawatir akan mengalami kebosanan, karena selain kegiatan snorkeling di banda-neira, terdapat beberapa lapangan tenis dan perjalanan singkat mengelilingi banda neira. Bagi mereka yang membawa anak-anak, mereka dapat berenang di air yang tenang atau menonton hiu, ikan, dan kura-kura.

tips :

1. Menyelam sangat memungkinkan dilakukan di setiap waktu sepanjang tahun, namun tergantung pada keadaan bulan yang memungkin melarang anda melakukan aktivitas menyelam pada beberapa tempat selam dari bulan juli sampai dengan september.

2. Menyelam sangatlah nyaman dengan air yang tenang dan memiliki daya pandang baik, namun beberapa tempat selam tergantung pada beberapa kondisi yang membuat tempat-tempat tersebut hanya boleh dipakai penyelam yang berpengalaman.

3. Jangan lupa melengkapi diri anda dengan peralatan selam, papan surf, dan snorkel.

4. Cobalah untuk menyewa peralatan dari perusahaan besar, sehingga lebih terjamin, namun ingat tanggungjawab untuk memeriksa perlatan tetap ada pada anda.

5.bawalah baju renang dan pakaian lebih.

sumber

0 komentar:

Posting Komentar