Sabtu, 24 Juli 2010

Sumatera Utara Diguncang Gempa 6 Skala Richter


JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan 6 Skala Richter mengguncang Sumatera Utara, Sabtu (24/7/2010) pagi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menyatakan gempa terjadi pada Sabtu pagi pukul 09.11 WIB dengan titik pusat di 1,02 Lintang Utara dan 99,50 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer.

Posisi gempa 18 kilometer barat laut Panyabungan, 45 kilometer Padangsidempuan, atau 1.140 kilometer arah barat laut Jakarta.

BMKG menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Palang Merah Indonesia (PMI) menyatakan wilayah yang mengalami kerusakan terparah akibat gempa di Kabupaten Mandailing Natal, adalah Kecamatan Siabu yang berjarak sekira 18 kilometer dari pusat kota kabupaten.

“Gempa terparah dirasakan di Kecamatan Siabu, yang letaknya 18 kilometer dari Kota Mandailing Natal. Berdasarkan data sementara, dilaporkan ada beberapa orang mengalami luka ringan. Tim Satgana PMI telah menuju ke lokasi pusat gempa di Kecamatan Siabu untuk membantu melakukan pertolongan pertama dan pendataan awal langsung di lokasi gempa,” ujar Kepala Markas PMI Kabupaten Mandailing Natal, Romi Hidayat, dalam rilis yang diterima okezone, Sabtu (24/7/2010).

Romi menambahkan sejauh ini dilaporkan sebuah musala tubuh serta merusak sebagian dinding sekolah dasar di Siabu.

Posko PMI Kabupaten Mandailing Natal juga menyatakan, berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa sudah dirasakan sejak pukul 02.00 WIB dini hari, kemudian kembali terulang sekira pukul 06.30 WIB, dan pukul 09.11.

sumber : Okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar