Selasa, 28 September 2010

Tips Mendapatkan Tidur Berkualitas




Tidur merupakan aktifitas yang bermanfaat untuk mengembalikan kebugaran tubuh dan pikiran kita. Setelah lelah melakukan aktifitas rutin, tidur merupakan obat mujarab bagi kita untuk merestart diri guna menghadapi aktifitas-aktifitas esok hari.

Berikut 7 tips untuk mendapatkan tidur yang berkualitas :

1. Pelajari posisi tidur
Setiap orang memiliki posisi tidur yang berbeda, kenyamanan dalam tidur tidak sama antara anda dengan orang lain. Pelajari posisi tidur yang paling menyenangkan dan sehat bagi anda. Tanyakan kepada dokter atau kenalan anda untuk berbagi posisi tidur yang paling sehat dan nyaman untuk anda.

2. Ciptakan ritual sebelum tidur
Ciptakan ritual sebelum anda merebahkan diri di tempat tidur. Buatah ritual sebelum tidur menjadi aktiftas yang membuat rileks dan mengendorkan syaraf-syaraf ketegangan anda. Menggosok gigi sebelum tidur, membaca atau mendengarkan musik klasik merupakan ritual saya sebelum tidur.

3. Buat ruangan tidur senyaman mungkin
Nyalakan aroma therapy, atur pencahayaan lampu, gunakan bantal yang tepat, atau apapun cara anda, buatlah ruang tidur senyaman mungkin. Semakin anda merasa nyaman dengan ruang tidur, maka anda akan mendapatkan kesegaran ketika terbangun di keesokan harinya.

4. Hindari caffeine sebelum tidur
Bagi anda pecandu kopi, jangan ngopi sebelum tidur. Bagaimanapun, efek caffeine yang bisa membuat kita terjaga merupakan hal yang harus kita hindari untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Ganti kopi dengan air putih sebelum anda pergi tidur.

5. Aturlah waktu tidur
Ritme tidur yang teratur bisa membuat tubuh kita nyaman. Ciptakan jadwal kapan kita harus tidur dan kapan kita harus bangun.

6. Pergilah ke tempat tidur jika terasa capek
Jangan ‘siksa’ diri anda. Ketika tubuh anda sudah berteriak kecapekan, segera pergilah ke kasur dan rebahkan tubuh anda. Jangan ‘paksa’ mata anda untuk menonton televisi atau membaca buku. Jika anda merasa capek, tidurlah.

7. Pastikan selalu berdoa sebelum tidur
Kenyamanan tidak bisa dilepaskan begitu saja dari aspek psikologis. Berdoa sebelum tidur paling tidak membuat kita merasa nyaman karena seolah kita dilindungi oleh Sang Maha Pencipta.

Bagaimana dengan anda? apakah anda punya tips yang bisa dibagikan kepada kami?

sumber : tulisan, gambar

0 komentar:

Posting Komentar